Semakin banyaknya karyawan yang bekerja pada suatu perusahaan turut meningkatkan kebutuhan pengelolaan karyawan. Perusahaan pun berlomba-lomba menawarkan kompensasi terbaik agar dapat mempertahankan para pekerja.

Kebijakan perusahaan yang memberikan pinjaman itu berbeda-beda, mulai dari jenis, cara sampai nominal yang bisa dikeluarkan untuk karyawan. Tapi sebagai perusahaan yang baik yang memperhatikan karyawannya, memberikan pinjaman itu akan membuat karyawan tenang bekerja saat mendapat suntikan finansial.

Berikut 5 alasan karyawan mengajukan pinjaman ke kantor:

  1. Biaya Pengobatan/Persalinan
Doctor with a stethoscope in the hands and hospital background.

Tidak ada orang yang ingin sakit, apalagi produktivitas perusahaan akan menurun jika karyawannya sering sakit. Akan tetapi, manajemen tidak dapat menolak bencana, apalagi jika ternyata penyakit karyawan tersebut cukup parah dan membutuhkan pengobatan jangka panjang.

Selain memberikan manfaat asuransi kesehatan, membantu karyawan dengan memberi pinjaman untuk biaya pengobatan.

  1. Biaya Pendidikan

Setiap tahunnya, biaya untuk sekolah anak semakin tinggi. Bahkan inflasi biaya pendidikan diklaim bisa mencapai 15% per tahun.

Memang, karyawan kamu mungkin telah menyiapkan biaya pendidikan sebelumnya, tapi dengan adanya kenaikan ini, bisa saja menjadi tidak cukup. Solusinya, karyawan melakukan pinjaman ke kantor untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

  1. Biaya Pernikahan

Seberapa baik pun perencanaan pernikahan, kadang calon pengantin tidak dapat mengontrol pengeluaran sehingga harus meminjam ke kantor. Biasanya mereka berharap dapat melunasi pinjaman tersebut karena akan mendapatkan ‘amplop’ dari para tamu undangan. Manajemen dapat memperkirakan kesanggupan pembayaran dari jumlah undangan si karyawan.

  1. Dana Renovasi Rumah

Tak semua orang memiliki kondisi rumah yang prima untuk menghadapi cuaca yang tidak menentu kala musim hujan datang. Masih bagus kalau hanya genteng yang bocor, bagaimana kalau karyawan terpaksa menghadapi banjir tahunan? Nah, bisa jadi gaji bulanan tidak cukup untuk merenovasi rumah besar-besaran. Kasbon karyawan pun diperlukan untuk memperbaiki kondisi rumah supaya kinerja karyawan tidak terganggu.

  1. Membeli/Mengganti Kendaraan

Setelah beberapa tahun bekerja, karyawan mungkin menghadapi situasi di mana kendaraannya sudah tidak layak lagi untuk digunakan. Dengan berbagai pertimbangan, karyawan memilih untuk meminjam kepada perusahaan. Meskipun alasannya cukup dapat dipercaya, tetapi lebih baik manajemen menyarankan karyawan untuk membeli kendaraan melalui leasing atau kredit sehingga pembayarannya pun bisa lebih terstruktur.

Dari penjelasan 5 poin diatas, tentu ada banyak hal lain yang menjadi alasan karyawan untuk melakukan pinjaman di kantor. Namun yang perlu diingat, pinjaman tersebut dipakai untuk kebutuhan terlebih dahulu, sebelum dipakai untuk keperluan konsumtif.